Skip to main content

Keutamaan Shalat Sunnah Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur di malam hari. Shalat malam itu sendiri terbagi menjadi 2, ada yang dinamakan shalat Qiyamullail apabila dilakukan sebelum tidur, dalilnya ada dalam Surah Al-Muzzammil ayat 20.

4 keutamaan shalat tahajud


إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَنْ لَنْ تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ


Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sedangkan dan shalat tahajud apabila dilakukan setelah terbangun dari tidur di malam hari, dalilnya ada dalam Surah Al-Isra' ayat 79-81.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

وَقُلْ رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا



وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ۚ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا


Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.

Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.

Menurut adab dalam Al-Quran, sebelum amalan tahajud dikerjakan, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu keutamaan (keistimewaan) dari shalat tahajud. Karena dengan mengetahui hikmah atau keutaamaan dari suatu amalan kita akan memiliki motivasi yang kuat dalam mengerjakan amalan tersebut.

Adapun keutamaan menjalankan shalat tahajud adalah bahwasanya Allah SWT menjamin akan memberikan 4 hal bagi hambanya, yang mana 4 hal tersebut tidak akan pernah diberikan pada orang yang tidak melakukan shalat tahajud sekalipun shalat fardhunya khusyu luar biasa. 4 Hal tersebut diantaranya:
  1. Orang yang mampu menunaikan shalat tahajud dengan benar, Allah menjamin kesuksesan karirnya serta kemudahan dalam pekerjaannya.
  2. Akan dimudahkan urusan pekerjaannya, serta dibimbing Allah SWT dalam mengawali aktivitasnya.
  3. Diberikan solusi terbaik saat memiliki masalah.
  4. Saat ada gangguan dalam hidup, akan langsung ditolong Allah SWT tanpa perantara.
Baca juga keutamaan shalat dan tata cara shalat dhuha, agar anda lebih mantap dan bersemangat lagi dalam mengerjakan amalan ini. 

Comments

Popular posts from this blog

4 Rekomendasi Toko Online Tas Sekolah Anak Murah Terpercaya

Jika batam terkenal dengan pusat belanja tas wanita import murah , maka kota Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan produk fashion buatan lokalnya yang murah. Produk fashion lokal dari Bandung yang cukup banyak diminati diantaranya tas untuk sekolah anak. Sebenarnya di pasaran online banyak sekali toko online yang menjual tas sekolah anak dari bandung dengan harga yang murah. Hanya saja anda harus berhati hati karena tidak semua online shop tersebut bisa dipercaya. Berikut ini 4 rekomendasi toko tas online terpercaya di Bandung yang menyediakan beragam sekolah anak murah. 1. beebagshop.com Toko tas Bee Bagshop menyediakan produk tas lokal dengan varian yang cukup beragam. Toko online ini jual tas pria, wanita, dan sekolah anak murah baik untuk laki laki ataupun, dengan berbagai ukuran, warna, gambar, motif, harga, serta model yang variatif serta kekinian. Bagi anda yang sedang mencari online shop tas murah terpercaya untuk anda sekeluarga, toko online Bee Bagsho

Daftar Paket Internet Tri Murah, 40 GB Hanya 100 Ribuan Saja

 Di masa pandemi seperti sekarang ini, aktifitas belajar di sekolah ditiadakan, sebagai gantinya pelajar melakukan aktifitas belajar secara daring dari rumah. Begitu juga dengan kalangan pekerja menyusul diberlakukannya WFH (Work From Home) di banyak perusahaan. Tidak heran kalau kebutuhan kuota di masa-masa sekarang bisa membludak. Meski demikian, kini kamu tidak perlu khawatir karena Tri menawarkan banyak paket internet murah yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Berikut paket internet Tri murah yang tersedia saat ini:

Jadwal Kajian Ustadz Rahmat Baequni Pekanbaru dan Sekitarnya Agustus 2019

Bismillahirrahmanirrahim... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏 Kalian sudah kenal akhir zaman blm. Kalo blm yuk kenalan. Kita kupas tuntas apa sih akhir zaman itu. Apa sih tanda"nya. Apa jangan-jangan sekarang ini sudah mendekati akhir zaman. Dan apa yg harus kita persiapkan. Yuk kita nambah ilmu lagi. Di majelis ilmu yang waktu dan tempatnya sudah tercantum di atas. Yuk kita ramaikan majelis ilmu nya. Tak hanya dapat ilmu loh. Tapi dapat kawan baru. Saudara baru. Serta menjalin silaturahmi ukhuwah islamiah. Jazakumullah Khair 🙏 wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Untuk update informasi kajian Jabodetabek dan Bandung, bisa follow instagram berikut: Jakarta Bogor Depok Tangerang Selatan Bekasi Bandung